Selasa, 22 November 2016

Unik Patung Ini Hanya Boleh Dicium Pemegang Gelar Doktor

"Unik Patung Ini Hanya Boleh Dicium Pemegang Gelar Doktor Kota Gottingen jadi paling mahsyur lantaran kehadiran kampus besar yang telah dapat dibuktikan melahirkan tokoh-tokoh hebat. Beberapa matematikawan, filsuf, pakar histori serta 47 pemenang hadiah nobel di ketahui pernah mengenyam pendidikan di kampus ini.  

Sebut saja tokoh-tokoh seperti John von Neumann, Werner Heisenberg, Enrico Fermi, Carl Friedrich Gauss, Friedrich Bernhard Riemann, David Hilbert, serta J. Robert Oppenheimer pernah jadi mahasiswa ditempat ini.

Kota ini terdapat diantara Hamburg serta Frankfurt dan ada di dekat pegunungan Harz. Kampus Gottingen jadi satu diantara daerah paling populer serta paling banyak dikunjungi di Eropa.

Gottingen resmi jadi kota kampus sesudah nyaris sepertiga penduduknya terbagi dalam mahasiswa, dosen serta staf kampus. Serta menariknya lagi, Kampus Gottingen juga selalu berusaha untuk melestarikan satu kebiasaan kuno.

Satu diantaranya yakni melindungi patung air mancur dari perunggu yang ditempatkan di depan balai kota tua. Patung gadis angsa atau dimaksud Ganseliesel berdiri kokoh mulai sejak th. 1901. Patung ini melukiskan gadis muda yang membawa tiga angsa dalam dekapannya.

Menurut narasi yang menyebar diantara masyarakat lokal, patung ini terkait erat dengan dongeng populer 'Goose Girl'.

Dalam sebagian dekade paling akhir, sesudah patung air mancur ini didirikan nampak satu kebiasaan baru. Dimana tiap-tiap mahasiswa yang sudah peroleh gelar doktor mesti masuk ke air mancur. Beberapa wisudawan disuruh untuk menaiki air mancur serta mengalungkan bunga dan mencium patung si gadis angsa.

Walau sebenarnya awalannya, peluang untuk mencium gadis angsa cuma ditujukan untuk mahasiswa barusan. Tetapi kebiasaan mencium patung jadi beralih dari saat ke saat. Serta saat ini cuma yang telah bergelar doktor saja yang diijinkan menciumnya.

Walau kebiasaan ini dilarang, tetapi Kampus Gottingen dengan cara resmi mengiklankan diri dengan memajang photo seseorang lulusan PhD mencium patung gadis angsa.

Namun sayang sekali patung yang disebut hasil karya Paul Nisse ini dirusak oleh vandalisme. Sesudah dibikin bersih kembali, saat ini patung asli disimpan rapi di museum kota. Sedang yang dipajang cuma satu tiruan saja.

(Sumber : Amusingplanet. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar